VISI

Pada tahun 2027 menjadi program studi yang unggul dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi berlandaskan teori perkembangan dan pembelajaran anak usia dini berbasis kearifan lokal untuk menghasilkan pendidik, pengelola lembaga, dan instruktur yang kompetitif.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi yang unggul dan inovatif untuk menghasilkan pendidik, pengelola lembaga, instruktur yang kompetitif melalui optimalisasi penggunaan teknologi informasi komunikasi berdasarkan teori perkembangan dan pembelajaran anak usia dini.
  2. Melaksanakan penelitian inovatif bidang pendidikan anak usia dini berorientasi kearifan lokal yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan anak usia dini yang berbasis penelitian inovatif berorientasi kearifan lokal untuk mendukung terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  4. Melaksanakan tata pamong Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil yang menjamin peningkatan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan unggul, inovatif dan siap menjadi pendidik, pengelola lembaga, dan instruktur yang kompetitif dalam bidang pendidikan anak usia dini serta mampu mengembangkan diri secara profesional.
  2. Menghasilkan karya ilmiah inovatif berorientasi potensi lokal yang bermutu, unggul di bidang pendidikan anak usia dini dan menjadi rujukan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan anak usia dini yang berbasis penelitian inovatif berorientasi potensi lokal untuk mendukung terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  4. Menghasilkan kinerja Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang optimal dalam mendukung peningkatan mutu penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan.

STRATEGI

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di lingkungan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, maka strategi pencapaian yang diterapkan adalah:

  1. Untuk Mahasiswa
  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan melalui peningkatan prestasi belajar mahasiswa baik akademik maupun non akademik.
  2. Peningkatan kualitas penulisan tugas akhir mahasiswa dengan produktivitas publikasi karya ilmiah.
  3. Mengembangkan pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran.
  5. Menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja.
  6. Meningkatkan program kegiatan praktik kerja lapangan dengan memperluas mitra lembaga PAUD supaya lulusan dapat terserap dunia kerja.
  7. Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam hal pengembangan kreativitas berbasis kearifan lokal dalam tugas pembelajaran.
  8. Mengaitkan karakter PANJI: Pandai, Aktif, Natural, Jujur, Inovatif dalam karya yang dihasilkan oleh mahasiswa baik dibidang pengajaran, penelitian dan keikutsertaan dalam pengabdian masyarakat.
  9. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian payung dan pengabdian masyarakat dengan dosen.

2. Untuk Dosen

  1. Meningkatkan jumlah penelitian dosen dalam hibah kompetitif.
  2. Menyelenggarakan program penelitian inovatif dan produktif berbasis kearifan lokal secara mandiri berkolaborasi dengan mahasiswa.
  3. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga penelitian di berbagai institusi, baik institusi pendidikan maupun non-kependidikan.
  4. Meningkatkan publikasi ilmiah hasil penelitian dosen di jurnal nasional bereputasi dan internasional.
  5. Meningkatkan kuantitas layanan pengabdian ditujukan untuk kemajuan masyarakat untuk kualitas layanan pendidikan anak usia dini disesuaikan dengan karakteristik budaya setempat atau budaya lokal sekolah.
  6. Meningkatkan program kemitraan dengan pihak lain di dalam maupun di luar institusi dengan mengangkat karakter PANJI khususnya aktif dan jujur.
  7. Meningkatkan publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat supaya memiliki kebermanfaatan pada masyarakat lebih luas.
  8. Meningkatkan keaktifan dosen dalam mengikuti kegiatan asosiasi, forum ilmiah dalam menambah wawasan keilmuan bidang PAUD.
  9. Meningkatkan motivasi dosen untuk studi lanjut dan ketertiban meningkatkan jabatan akademik jika sudah waktunya.
  10. Meningkatkan hasil karya menulis dosen tentang buku ajar berkaitan dengan nilai karakter PANJI disesuaikan dengan mata kuliah yang diampu.

Leave a Comment